Bantuan Rumah Layak Huni untuk Warga Timorana di Kupang; Begini Kata Pangdam

Keterangan Foto: Salah satu warga penerima manfaat, Yuliana Kabra. (Dok: TD/ranakanews.com).

KUPANG, RANAKANEWS.com – Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Muhammad Zamroni,S.I.P.,M.Si Kunjungan Kerja (Kunker) di Daratan Timor Provinsi  NTT Wilayah Korem 161/Wira Sakti.

Kunker Pangdam IX/Udayana di wilayah Korem 161/Wira Sakti tersebut dilaksanakan selama tujuh hari dari tanggal 17- 23 Oktober 2024.

Hari keenam Selasa 22 Oktober 2024, peninjauan rumah tidak layak huni (RTLH) dan sarana air bersih di Desa Manusak, Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang. Kunjungan Kerja di Yonif 743/PSY, Peninjauan Ki C Yonzipur 18/YKR, Peninjauan Kikav 2 Denkav 4/SP, Peninjauan Yonarhanud 9/AWJ, Peninjauan Brigif 21/Komodo,Peninjauan Kikav 2 Denkav 4/SP, Peninjauan Yonarhanud 9/AWJ, peninjauan Yonarmed 20/BY.

Pantauan media ini, Pangdam IX/Udayana didampingi Ketua Persit KCK Daerah/IX/Udayana Dessy M.Zamroni, Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Joao Xavier Barreto Nunes, S.E.,M.M, dan rombongan disambut baik dan antusias oleh warga Timorana setempat.

Keterangan Foto: Pangdam IX/Udayana Mayjen Muhammad Zamroni,S.I.P.,M.Si (Keempat) dari kiri.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Muhammad Zamroni,S.I.P.,M.Si mengaku senang dan bahagia melihat kebahagiaan masyarakat setempat menerima rumah layak huni dan penyediaan air bersih.

“Diharapkan agar keluarga penerima manfaat menjaga dan memelihara fasilitas yang ada. Di sini juga sudah ada sumur bor. Jadi dimanfaatkan untuk bercocok tanam. Dan yang penting ayo gerakan ekonomi bertanam, jangan tunggu musim hujan karena air sudah ada. Di pinggir-pinggirnya tanam tanaman jangka panjang (Keras) untuk menampung air nantinya,” ajak Pangdam.

Pada kesempatan yang sama, Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Joao Xavier Barreto Nunes, S.E.,M.M.,mengatakan, saat ini rumah yang direhab ada 10 unit tersebar dan di Atambua ada 90. Tidak ada sebutan eks Tim-Tim lagi, sebutan sekarang adalah Timorana yang artinya Timor Anak Indonesia. Saya memilih renovasi RTLH di sini karena ada lahan. Eks Tim-Tim tidak miskin. Kami mendorong mereka untuk apa yang mereka bisa buat harus kerjakan. Mau sukses harus bertanam,” tandas Danrem 161/Wira Sakti.

Yuliana Kabra salah seorang warga penerima manfaat menyampaikan terima kesih kepada TNI AD dan Pertamina Provinsi NTT atas bantuan rumah layak huni.

Ucapan terima kasih ini disampaikan Yuliana Kabra usai peninjauan RTLH dan sarana air bersih oleh Pangdam  IX/Udayana, Mayjen  TNI Muhammad  Zamroni , S.IP.,M.Si  bersama rombongan di Desa Manusak, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang pada Selasa (22/10/2024).

“Puji Tuhan. Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan  TNI AD bekerjasama Pertamina Provinsi NTT,” ucap Yuliana.

Menurut ibu satu anak ini, bantuan 10 rumah layak huni dan sumur bor untuk mereka ini sangat luar biasa.

“Kami sangat senang sekali karena ada perhatian dari pemerintah (TNI dan Pertamina). Sekarang rumah sudah bagus dan sumber air sudah ada dan dekat. Karena kita tahu bersama bahwa air itu adalah sumber kehidupan. Dengan air kita bisa memasak, mencuci pakaian, menanam, dan lain-lain. Sekali lagi terima kasih banyak atas perhatian pemerintah buat kami,” ucap Yuliana dengan wajah gembira.

Hal yang sama disampaikan oleh Paulo Da Costa warga RT/RW 013/001, Desa Manusak menyampaikan  terima kasih banyak atas bantuan rumah layak huni buat kami warga Timor Leste yang ada di sini.

“Terima kasih kepada Bapak Kasad, Bapak Pangdam, Bapak Danrem, Bapak Dandim, kami sangat bersyukur karena sudah lama kami di Timur ini tidak pernah dapat bantuan, sekarang baru dapat rumah seperti ini. Kami juga meminta agar kalau bisa warga yang lain juga memperoleh rumah layak huni seperti kami,” harap Paulo Da Costa. (TD)

 

 

error: Konten dilindungi!
Exit mobile version