Datang Bawa Angin Segar, Bupati Murung Raya dan Penjabat Bupati Flotim Jajaki Kerjasama

Penjabat Bupati Flotim, Drs.Doris Alexander Rihi,M.Si dan Bupati Murung Raya Kalimantan Tengah, Drs.Perdie M.Yoseph saling menyalami disaksikan Wakil Ketua DPRD Flotim, Yoseph Paron Kabon,ST dan Dandim 1624-Flotim, Letkol Inf.M.Nasir Simanjuntak,S.Ag,M.IP di Kantor Bupati Flotim, KamiS (15/06/2023) Pagi.

LARANTUKA, RANAKANEWS.com – Agenda kunjungan kerja dan silahturahmi Bupati Murung Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Drs. Perdie M. Yoseph, MA bersama rombongan ke Kabupaten Flores Timur, Kamis, 15 Juni 2023, disambut hangat Penjabat Bupati Flotim, Drs. Doris Alexander Rihi, M.Si dan jajaran Forkompimda Flotim.

Tatap Muka Penjabat Bupati Flotim, Drs.Doris Alexander Rihi,M.Si dan Bupati Murung Raya Kalimantan Tengah, Drs.Perdie M.Yoseph,MA di Aula Setda Flotim bersama Forkompimda, Penjabat Sekda Flotim dan Kepala OPD serta Staf Ahli, Kamis (15/06/2023) Pagi.

Alhasil, kedua Pemimpin ini juga bertukar pikiran dan membicarakan sejumlah agenda penting di bidang Infrastruktur, Pariwisata, Kelautan, Pertambangan, Lingkungan Hidup dan Dunia Ketenagakerjaan, termasuk Warga Flotim yang tinggal di Kabupaten Murung Raya, yang diharapkan membawa ‘angin segar’ bagi arah perubahan pembangunan Flotim kedepan.

Termasuk rencana kunjungan balasan Penjabat Bupati Flotim dan Jajaran Pemda, DPRD Flotim ke Kabupaten Murung Raya, dalam kesempatan berikutnya.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Flotim, Heri Lamawuran, S.Sos dalam rilis Persnya kepada Media RN Biro Flotim, Kamis (15/06/2023) Sore.

Dikatakannya, dalam kunjungan perdana, dan saat tiba di Kantor Bupati Flotim, Kamis, 15/06/2023, pukul 09.45 Wita, Bupati Perdie Yoseph bersama rombongan, diantaranya: Kadis Pekerjaan Umum Murung Raya Paulus Kemite, Ady Edison Mandala, Ibu Lisda, Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa Murung Raya Bens Roi dan ADC Anto Tomi Tamelang, disambut hangat Penjabat Bupati Flotim Doris Rihi, Wakil Ketua DPRD Flotim, Yoseph Paron Kabon, ST, Komandan Kodim 1624-Flotim, Letkol Inf. M. Nasir Simanjuntak, S.Ag,M.IP, Kapolres Flotim, AKBP. I. Gede Ngurah Joni Mahardika, SH,S.IK.,M.H, Kajari Flotim diwakili Kasi Intel, Taufik Tahjudin, SH, Penjabat Sekda Flotim, Petrus Pedo Maran, SE.,M.Si, Asisten I Setda Flotim, Abdul Razak Jakra,SH, Plt. Asisten II Setda Flotim, Andreas Kewa Ama, SH, Plt. Asisten III Setda Flotim, Agustinus Ola Sabon,S.Sos.,M.AP, Para Staf Ahli dan Pimpinan OPD.

Bupati Perdie Yoseph dan rombongan diarak dengan tarian Hedung menuju lobi Kantor Bupati.

Kemudian, selanjutnya menuju Aula Setda Flotim untuk bertatap muka dan bertukar pikiran,” terang Heri Lamawuran, lagi.

Penjabat Bupati Flotim Doris Rihi memulai menyapa Bupati Perdie Yoseph dan rombongan dengan sekapur sirihnya.

“Puji syukur dan bersama seluruh masyarakat Flotim, perlu Saya sampaikan bahwa Kami sangat bergembira menerima kunjungan Bupati Murung Raya dan rombongan. Ini merupakan salah satu pemicu awal agar lebih eratkan hubungan kekeluargaan dan tali silahturahmi antara Flotim dan Kalteng, khususnya Murung Raya.

Tentunya, temu ini masih sebagai kata awal yang baik untuk Kami sampaikan potensi Flotim dengan kekuatan dan hambatan dalam pembangunan.

Sehingga diharapkan ada sharing dukungan bersama Bupati Murung Raya, bagaimana Kami bisa mengelolah potensi sumber daya alam dan manusia untuk mendatangkan kesejahteraan bagi daerah serta masyarakat Flotim.

Memang, bersama DPRD Flotim, Forkompimda dan OPD, juga semua pihak di bumi Flotim, Kami terus memacu gerak pembangunan diberbagai sektor agar roda ekonomi daerah terus maju,” katanya.

Selain itu, sambung Doris Rihi, Flotim juga punya potensi kependudukan yang besar, seperti ketrampilan di berbagai bidang seperti pertanian, industri dan kerajinan rumah tangga, meubel, kelautan perikanan dan masih banyak lagi.

“Lalu, Warga Flotim juga banyak merantau diberbagai daerah, entah sebagai guru, petani dan lainnya. Saya yakin di Murung Raya juga ada keluarga Kami dari Flotim.

Olehnya, Kami sangat harapkan perhatian dan kepedulian dari Bapak Bupati Murung Raya memberikan pelayanan, agar Mereka dapat memperoleh hidup yang lebih layak lagi. Juga tidak terbentur masalah administrasi kependudukan dan lain sebagainya,” ujar Doris Rihi,tersenyum.

Dirinya bahkan secara terbuka nyatakan kenyakinannya terkait banyak warga Flotim yang menetap dan tak mau pulang ke Flotim, lantaran telah menjadikan Murung Raya sebagai rumahnya.

“Olehnya, semoga silahturahmi ini menjadi suatu ikatan saudara dan wujud kebersamaan yang terus berlangsung pada tahun yang akan datang.

Iya, sekali lagi Saya sangat bersukacita dan mau menawarkan diri untuk menjadi mitra kerja di bidang Pertambangan, Perdagangan, Perikanan dan Kelautan, juga Pariwisata kedepannya,” pungkas Doris Rihi, dalam sekapur sirihnya, sambil terus ungkapkan sukacitanya atas kunjungan Bupati Murung Raya ini agar menjadi ikatan kerjasama dan kepedulian kasih untuk membangun Flotim kedepan.

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD Flotim, Yoseph Paron Kabon, ST dalam sambutannya, selain secara terbuka mengucapkan selamat datang, namun juga berikhtiar agar kunjungan Bupati Murung Raya dan rombongan ini, sebagai bagian tak terpisahkan dari semangat sesama anak bangsa terus saling membangun dan memajukan daerah tercinta, Flotim dan Murung Raya.

“Iya, atas nama Pimpinan dan Anggota DPRD Flotim, Kami sampaikan selamat datang,” tukas Yoseph Paron Kabon, yang juga Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Flotim, saat ini.

Ia juga berharap, kunjungan ini memberikan energi baru dan membawa ‘angin segar’ dalam proses berpemerintahan dan pembangunan di Flotim, ditengah berbagai potensi dan tantangan yang ada.

Kiranya, proses awal ini untuk saling menjaga hati agar lembaga DPRD Flotim juga mendorong Pemda untuk juga melakukan kunjungan balik ke Murung Raya, guna membicarakan seluruh potensi yang ada di sana, agar boleh menjadi bagian dari rencana kerjasama antar daerah, yang bisa didorong pada waktunya,” tohok Paron Kabon,cerdas.

Sesi selanjutnya, dalam sharing pengalaman memimpin dan membangun Kabupaten Murung Raya, Bupati Perdie Yoseph penuh antusias sampaikan rasa bangganya dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas sambutan hangat penuh kekeluargaan dan persaudaraan di Kota Larantuka.

“Iya, Saya juga harus sampaikan, tentu kunjungan kerja dan silahturahmi ini punya esensi yang sangat penting bagi Murung Raya dan Flotim.

Harapan Saya apa yang telah disampaikan dalam bentuk selayang pandang tentang Kabupaten Flores Timur, telah Kita simak bersama, nanti dikombinasikan dengan apa yang akan Saya sampaikan tentang Kabupaten Murung Raya.

Kiranya, oleh kemurahan Tuhan bisa memberikan efek domino yang positif bagi pembangunan kedua daerah kedepan,”ujarnya, sembari memperkenalkan rombongannya.

Diantaranya Kadis Pekerjaan Umum, Paulus Kemite, juga Ibu Lisda Pengusaha sektor pertambangan.

Bupati Perdie Yoseph dalam kesempatan itu juga mengucapkan profisiat atas terpilihnya Doris Rihi sebagai Penjabat Bupati Flotim kedua kalinya.

“Iya, ini jarang-jarang bisa sampai dua (2) kali,” pujinya.

Sejumlah agenda penting lain yang ikut dibicarakan ,termasuk masalah Stunting, juga perhatian bagi warga Flotim yang ada di Murung Raya, pengembangan sektor Pariwisata dan UMKM, Perkebunan serta rencana kemitraan lainnya.

Bupati Perdie Yoseph dalam kesempatan ini, secara terbuka meminta Pemda dan DPRD Flotim bisa hadiri hari jadi ke 21 Kabupaten Murung Raya, 1 Agustus 2023.

“Terus-terang, Saya perlu sampaikan daerah Murung Raya juga banyak tantangan alam yang sulit seperti transportasi yang harus melewati hutan, sungai besar dan butuh biaya tinggi, namun semangat kerja bersama membangun menjadi kunci sukses hingga kini bisa kelolah dana APBD Kabupaten cukup besar, misalnya tahun 2020-2021 kurang Rp 68 M, tembus Rp 22 Trilyun.

Ini semua berkat Tuhan atas kerja keras, bersama warga Flores di Kalimantan Tengah, Murung Raya, yang banyak bekerja di sektor perkebunan Kelapa Sawit,” pungkasnya, lebih jauh.

Ia juga sampaikan selalu bertemu keluarga Flobamora di Kalimantan Tengah.

Dalam kunjungan kali ini Bupati Murung Raya dan rombongan nginap di Hotel Asa Larantuka. (OLA/RN)

error: Konten dilindungi!