Hadirkan Buku ke-3, Tata Kelola Destinasi Pariwisata Nusa Tenggara Timur

Keterangan Foto: Dr.Maria Bernadetha Ringa, SE.,MM (Kanan) saat memberikan buku yang dilaunching kepada Calon Gubernur NTT, Yohanis Fransiskus Lema, S.IP., M.Si di Auditorium Politeknik Negeri Kupang, Rabu (16/10/2024). (Dok: TD/ranakanews.com).

KUPANG, RANAKANEWS.com – Dr. Maria Bernadetha Ringa, SE.,MM melaunching buku yang ke-3 berjudul “Tata Kelola Destinasi Pariwisata Nusa Tenggara Timur” pada Rabu,16 Oktober 2024 di Auditorium Politknik Negeri Kupang.

Hadir pada acara tersebut, mantan Anggota DPR RI periode 2024-2029 Komisi IV Yohanis Fransiskus Lema, S.IP.,M.Si, menyampaikan apresiasi kepada  Dr.Maria Bernadetha Ringa, SE.,MM, Dosen Politeknik Negeri Kupang jurusan Administrasi Bisnis.

“Saya apresiasi bahwa kultur intelektual itu hidup di Kampus ini buktinya Dosen memproduksi buku sebagai sebuah upaya untuk mendorong proses literasi dan proses menulis ya itu produk konkrit dari seorang staf pendidik atau pun pengajar, dan baik buat Kampus ini,” ucap Calon Gubernur NTT Yohanis Fransiskus Lema, S.IP.,M.Si kepada media ini usai melaunching buku tersebut.

“Kepada mahasiswa tentu ini lembaga pendidikan  yang sangat baik, manfaatkan ini sebaik mungkin syukuri bahwa kalian itu mendapatkan kesempatan bisa berkuliah di kampus ini ada begitu banyak anak-anak NTT seusia kalian yang belum tentu bisa mendapatkan kesempatan kuliah di kampus ini.

Jadi ini adalah sebuah kesempatan emas peluang yang sangat berharga, maka belajar yang rajin dan kemudian karena ini pendidikan vokasi harus terus mengasah keterampilan,” pungkasnya.

Salah satu undangan yang hadir, Urbanus Nono Dizi, SE menyampaikan profisiat atas dilaunchingnya buku yang ke-3 hari ini.

“Saya mengucapkan selamat dan sukses kepada Ibu Dr. Maria B.Ringa, Se.,MM  atas launchingnya buku Tata Kelola Pariwisata NTT serta kepanitiaan terselenggarakan Talkshow Expo Politeknik Negeri Kupang,” ucap mantan Anggota DPRD Kabupaten Ngada periode 2009- 2014.

Nur Ningsih Rumat, Praktisi PT. Oceania Word Travel memberikan apresiasi yang luar biasa kepada penulis.

“Saya sebagai pelaku wisata bangga dengan karya yang dihasilkan oleh Ibu Dosen Dra. Maria Bernadetha Ringa,” ungkap Nur Ningsih.

Dr. Maria Bernadetha Ringa, SE.,MM menyampaikan terima kasih kepada narasumber dan  para tamu undangan dalam memeriahkan acara tersebut.

“Ini launching buku yang ke-3. Buku sebelumnya tentang Teori Ekonomi Mikro, Manajemen Perbankan, dan Tata kelolah Pariwisata di NTT, Pariwisata Berbasis Masyarakat; Konsep dan Implementasi di Nusa Tenggara Timur,” ungkap Dosen Program Studi S2 Terapan Pemasaran Inovasi Teknologi Jurusan Administrasi Bisnis Poliiteknik Negeri Kupang.

Dr. Maria berharap agar tulisan  tulisannya dapat bermakna untuk kedepannya.

Biodata Penulis

Dr. Maria Bernadetha Ringa, SE.,MM

Lahir di Bajawa, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur pada tanggal 7 Maret 1973. Dan menjadi Dosen pada Program Studi S2 Terapan Pemasaran, Inovasi  Teknologi pada Jurusan Administrasi  Bisnis Politeknik Negeri Kupang.

Dr.Maria Bernadetha Ringa, SE.,MM memperoleh gelar Doktor pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Denpasar Bali  pada tahun 2020 serta terlibat dalam beberapa kegiatan bersama Pemerintah Daerah (PEMDA) NTT diantaranya,

Sebagai Tim Kajian Penataan Taman Nasioanal Komodo sebagai Pariwisata Super Premium (2020).

Ketua Team dalam kegiatan Studi Kelayakan Pendirian Politeknik Pariwisata di Kabupaten Sumba Timur (2021).

Terlibat aktif sebagai Narasumber pada Dinas Pariwisata Provinsi NTT sejak 2010 sampai sekarang.

Sebagai Team Kajian Pendirian BUMD Pariwisata di NTT.

Ketua Team Penelitian Penataan Kawasan Kota Lama sebagai Destinasi Wisata Sejarah Bersama Litbang Kota Kupang (2023).

Team Pakar Ekonomi pada Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Provinsi NTT dalam Bidang Penetapan Tarif Dasar Air Minum pada Perusahaan daerah air Minum di NTT (2023- 2028). (TD)

error: Konten dilindungi!