Daerah  

Kodim 1613/Sumba Barat Terjunkan Puluhan Personel TNI Amankan Ritual Adat Pasola Laboya Barat

WAIKABUBAK,RANAKANEWS.com – Dalam rangka mmberikan keamanan dan kenyamanan dalam melestarikan budaya leluhur Pasola, yang berlangsung di lapangan Pasola desa Wetana,Kecamatan Laboya Barat,Kabupaten Sumba Barat,Selasa (05/03/2024).

Pengamanan dimulai 04 s/d 05 Maret 2024 dengan personil gabungan TNI-POLRI dan SatPolPP Kabupaten Sumba Barat melaksanakan pengamanan selama pelaksanaan budaya adat Pasola berlangsung.“Dandim 1613/Sumba Barat Letkol Inf Yuliansa Fitra melalui Pjs. Danramil Kapten Inf I Nyoman Sukada tekankan pada semua personil untuk berikan kenyamanan dan keamanan dalam melestarikan budaya leluhur yang di laksanakan turun temurun oleh masyarakat Sumba Barat dengan pesta adat Pasola yang merupakan ritual Marapu untuk kemakmuran dan hasil panen yang melimpah,”ujarnya.

“Dalam pelaksanaan pesta adat Pasola tentunya tidak luput dari banyaknya masyarakat yang ikut serta menyaksikan jalannya Pasola, untuk itu di harapkan gabungan personil TNI-POLRI dan Satpol-PP berikan pengamanan dan pemantauan terhadap warga masyarakat yang menyaksikan langsung jalannya pesta adat Pasola untuk mencegah adanya kejadian yang tidak di inginkan,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut personil pengamanan juga memberikan dedikasi kepada masyarakat selama pesta adat Pasola berlangsung untuk terciptanya kenyamanan yang kondusif bagi masyarakat yang ada di tempat Pasola.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Bupati Sumba Barat Yohanes Dade, S.H, Kapolres Sumba Barat AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K dan Pjs Danramil 1613-02/Walakaka Kapten Inf Nyoman Sukada, Kabag Ops Polres Sumba Barat,pimpinan OPD Kabupaten Sumba Barat serta para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat, peserta pesta adat Pasola dan penonton.(*)

error: Konten dilindungi!