KPUD Flotim Deklarasi Pilkada Damai & Resmi Buka Kampanye 60 Hari di 5 Zona

Pasangan Cabup-Cawabup Stephanus Ola Demon-Rofinus Baga (Paket STORI) sedang menandatangani deklarasi Pilkada Flotim damai bermartabat di lapangan Lebao, Selasa 24 September 2024, sore: Foto (RS/OLA/Ranakanews.com)

LARANTUKA,RANAKANEWS.com –
Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Flores Timur terus bergerak cepat menyukseskan tahapan jadwal pelaksanaan Pilkada, dengan pawai bersama dan deklarasi Pemilu damai, dimulai dari Desa Lamawalang Kecamatan Larantuka menuju lapangan Lebao, Selasa 24 September 2024 pukul 17.00 WITA dan merilis jadwal kampanye secara resmi pada 5 zona, yang dimulai Rabu, 25 September 2024.

“Hari ini pawai dan deklarasi Pilkada Flotim damai bermartabat, yang titik start dari Lamawalang pukul 14.00 WITA, hingga di lapangan Lebao, menjadi titik puncak deklarasi Pilkada Flotim damai bermartabat pun berjalan dengan baik dan lancar.

Terima kasih atas dukungan dari seluruh pihak, khususnya rekan-rekan Media atas suksesnya kegiatan pawai dan deklarasi Pilkada Flotim damai bermartabat ini,”tegas Ketua KPUD Flotim Antonius Djentera Bethan, didampingi Komisioner Yopi Latul, Arifin Atanggae dan Stef Ile Ratu, saat Konferensi Pers di Aula KPUD Flotim, Selasa 24 September 2024, malam.

Kendatipun, kehadiran massa pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Flotim, dari paket LASKAR RIBU RATU, ADD IBU, BEREUN 24 dan STORI dibatasi, suasana pawai dan deklarasi terpantau tetap berjalan meriah, sejak awal hingga akhir.

Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati yang hadir lengkap dan duduk sesuai nomor urut, mulai dari LAZKAR RIBU RATU, ADD IBU, BEREUN 24 dan STORI bersama Tim pemenangan, juga sepakat berkomitmen untuk membuat Pilkada Flotim damai bermartabat, melalui penandatanganan pernyataan damai bermartabat, pun terlihat kian menambah daya tarik dan optimisme Pilkada Flotim dan seluruh tahapannya akan berjalan sukses hingga pemilihan 27 November 2024 dan pelantikannya.

“Iyah, sekali lagi Kami berterima kasih banyak kepada semua pihak, mulai dari Bawaslu Flotim, Pasangan Calon dan pendukung, Pemda dan DPRD Flotim, Forkompimda Flotim, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Aparat Keamanan, Rekan Media dan Insan Pers, yang selalu setia mendukung KPUD Flotim dengan pemberitaan yang konstruktif.

Tentunya, pawai dan deklarasi Pilkada Flotim damai bermartabat hari ini, memberikan angin segar akan komitmen baik Kita semua menjadikan Pilkada Flotim damai bermartabat untuk kemajuan Lewotanah Flotim,”ujar Djentera Bethan, lagi.

Pantauan Wartawan sejak start pawai di Lamawalang, hingga sepanjang jalan, semuanya berjalan tertib dan lancar, dalam pengawalan ketat aparat keamanan Polres Flotim, Korps Brimob dari Sikka, juga Kodim 1624 Flotim.

Sempat molor beberapa waktu acara puncak Deklarasi Pilkada Flotim Damai Bermartabat akibat keterlambatan Penjabat Bupati Flotim Sulastri Rasyid,S.Pi.,M.Si tiba di lapangan Lebao.

Kendati demikian, prosesi deklarasi publik ini tetap berjalan semarak hingga selesai.

Paket STORI, melalui pernyataan terbuka siap membuat Pilkada Flotim damai bermartabat.

“Kami sejak awal sudah berkomitmen menjalankan Pilkada Flotim kali ini dengan politik riang gembira dan penuh persaudaraan.

Saya sudah ingatkan seluruh tim Koalisi STORI sejak awal, juga para Relawan Titen STORI, STORI Mania dan Taruna STORI agar tetap mengusung politik Pilkada riang gembira dan penuh persaudaraan.

Jangan mencederai dan menjatuhkan Paslon lain dengan cara-cara buruk, kampanye negatif di Media, serang pribadi dan menyebarkan fitnah serta hoaks,”tegas Cabup Stephanus Ola Demon, sesaat sebelum menandatangani pernyataan siap menjadikan Pilkada Flotim damai bermartabat.

Dibagian lainnya, Djentera Bethan bersama Komisioner Yopi Latul, Arifin Atanggae dan Stef Ile Ratu menyampaikan, jadwal kampanye dimulai Rabu 25 September 2024 hingga 23 November 2024, selama 60 hari, yang dibagi dalam dua kegiatan yakni 58 hari Kampanye, baik rapat terbatas dan rapat terbuka, serta 2 hari debat terbuka Paslon, lalu ada 3 hari masa tenang.

Sementara zona kampanye dibagi dalam 5 Zona, yakni zona A meliputi Dapil 1 dan 2 Flotim, wilayah Dapil 1 Kecamatan Larantuka, wilayah Dapil 2 Kecamatan Lewolema, Ile Mandiri dan Tanjung Bunga.

Zona B meliputi Dapil 3 Flotim yaitu Kecamatan Adonara Barat, Adonara Tengah dan Wotan Ulumado.

Zona C meliputi Dapil 4 Kecamatan Kelubagolit, Witihama dan Adonara, serta Dapil 5 Kecamatan Ile Boleng dan Adonara Timur.

Zona D meliputi Dapil Solor Kecamatan Solor Timur, Solor Selatan dan Solor Barat.

Zona E meliputi Kecamatan Demonpagong, Titehena, Wulanggitang dan Ile Bura.

Antonius Djentera Bethan meminta seluruh Paslon dan Tim Pemenangan agar mematuhi aturan yang berlaku, jangan saling fitnah, kampanye hitam dan menyebar hoaks.

“Hindari kampanye negatif, politik SARA dan menyerang privasi Paslon.

Sampaikan visi, misi dan program Paslon secara santun bijaksana serta cerdas,”tegasnya.

Sementara terkait Alat Peraga Kampanye, KPUD Flotim segera membuat edaran terkait pemasangan APK.

“Intinya, tidak boleh di zona yang dilarang yakni Rumah Ibadah, Sekolah, Fasilitas Pemerintah dan areal lain yang dilarang.

Terkait ukuran dan jumlah APK yang dipasang juga nanti disampaikan tergantung kemampuan Paslon,”ujar Djentera Bethan, diamini Yopi Latul dan Stef Ile Ratu. (OLA)

error: Konten dilindungi!