Penjabat Walikota Kupang Dengar Aspirasi Masyarakat Kelurahan Batuplat

KUPANG, RANAKANEWS.com- Penjabat Walikota Kupang, George M. Hadjoh,SH kunjungan kerja ke Kelurahan Batuplat pada Rabu (7/12/2022).

Kunjungan tersebut dalam rangka memantau efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pelayanan kemasyarakatan, permasalahan dan isu strategis sekaligus mendengar aspirasi  masyarakat.

Beberapa aspirasi yang diserap antaralain, perbaikan jalan, pengadaan sertifikat kematian, penuntasan masalah DBD dan kejahatan masyarakat lainnya.

Masyarakat meminta agar segera dilakukan perbaikan jalan di sekitar air sagu, pengadaan sertifikat kematian, penuntasan masalah DBD dan beberapa kejahatan masyarakat yakni pemalakan dan parkir liar.

Menanggapi keluhan dan permintaan warga, Penjabat Walikota Kupang meminta pimpinan OPD segera turun survey, foto dan buat proposal untuk didorong ke Kementerian masing-masing.

Sementara terhadap beberapa keluhan warga seperti masalah dana operasional  kader posyandu yang masih belum dibayarkan, fasilitas seperti kursi dan timbangan yang rusak minta diganti yang baru.

Dinas Kesehatan (Dinkes) 2023 dapat dana spesifik grand  RP50 Miliar sehingga Penjabat minta Dinkes segera mengurusnya operasional kader, juga fasilitas lain seperti kursi, tenda bagi posyandu.

Pada kesempatan itu, Kabid Dinkes I Ngurah minta para kader segera masukan SPJ agar bisa dibayarkan karena mekanisme pencairan harus dengan SPJ.

I Ngurah menyampaikan bahwa pada tahun 2023 mendatang akan ada kenaikan transport kader sebesar Rp93.000serta akan ada pengadaan sarpras posyandu dengan dana DAK.

Bagi pengadaan sarpras pendukung posyandu, Penjabat Walikota usulkan Dinkes menukar dengan fee pihak ketiga kontraktoryang kerja di Dinkes jangan dengan uang tapi dalam bentuk barang seperti kursi, meja, timbangan dan tenda.

Karena info sudah ada 3 pasien DBD di Kelurahan Batuplat yang opname, penjabat juga instruksikan Dinkes segera lakukan fogging dan pembagian Abate.

Menanggapi hal itu,Kabid Dinkes I Ngurah berjanji akan melakukan fogging dan Abate bisa diambil di setiap Pustu dan Puskemas di Batuplat.

Pada kesempatan itu, Penjabat Walikota minta camat dan lurah serta dinas terkait dapat mendata seluruh usulan untuk tahun 2023 didata per kecamatan dan kelurahan serta pro aktif disosialisasikan ke masyarakat sehingga bukan hanya diketahui masyarakat, tapi juga bisa dikawal langsung sehingga tidak ditanyakan berulang-ulang.

Terpisah, Lurah Batuplat Jerimod A.Oktavianus, S.E., M.M menyampaikan terima kasih atas kunjungan kerja Bapak Penjabat Walikota Kupang ke Kelurahan Batuplat.

“Tentu kami mengapresiasi. Lega rasanya karena semua kebutuhan yang merupakan kesepakatan yang tertuang dalam musrenbangkel sudah didengar langsung oleh Pemerintah Kota Kupang lewat Penjabat dan kepala OPD yang datang,” ungkap Jerimod Oktovianus usai kegiatan.

Yery sapaan akrabnya berharap dan meminta penjabat Walikota dapat mengawal setiap dinas terkait untuk benar-benar merealisasikannya dalam perubahan anggaran atau anggaran murni 2023.

“Saya dan para staf kelurahan sering mensosialisasikan kepada masyarakat terkait upaya yang sudah dilakukan pemerintah dan kendala apa yang menyebabkan permintaan tersebut belum diwujudkan, dan meminta kesabaran masyarakat,” pungkas Jeri.

Tampak hadir mendampingi Penjabat Walikota, Asisten Sekda Kota Kupang, Staf Ahli Walikota Kupang, Pimpinan RSUD SK Lerik, Direktur Perumda, Camat Alak, Lurah Batuplat, dan beberapa pimpinan OPD.

Terlihat  halaman kantor asri dan indah penuh dengan bunga. Dan untuk diketahui, Kantor Lurah Batuplat menyambet Juara 1 Lomba Kebersihan  antar Kelurahan Tingkat Kota Kupang pada 25 April 2022 silam. (TD)

error: Konten dilindungi!