Daerah  

Personil Kodim 1613/Sumba Barat,Lakukan Pengamanan Pesta Adat Pasola Wanukaka

WAIKABUBAK,RANAKANEWS.com – Sejumlah Prajurit TNI dari Kodim 1613/Sumba Barat ikut serta dalam pengamanan puncak acara pesta Adat Pasola di Lapangan Pasola Kamaradena desa Waihura,Kecamatan Wanukaka,Kabupaten Sumba Barat, Jumat (01/03/2024).

Dandim 1613/Sumba Barat Letkol Inf Yuliansa Fitra mengatakan pihaknya bersama pihak Kepolisian dan SatPol PP dan stakeholder yang ada di wilayah Kabupaten Sumba Barat melakukan pengamanan selama pelaksanaan Festival Adat Pasola berlangsung.

“Puncak perayaan Festival Adat Pasola sendiri telah di sepakati bersama oleh para tokoh adat para Rato di Kecamatan Wanukaka bersama pemerintah daerah yang diselenggarakan pada hari ini,” ujarnya.Dikatakannya, semua orang menginginkan dan mengharapkan agar pelaksanaan Adat Pasola dapat berjalan tertib, aman dan kondusif. Namun menurutnya hal itu tidak terlepas dari peran serta masyarakat yang juga harus ikut menjaga keamanan, ketertiban secara baik.

“Adat dan Budaya harus tetap di jaga dan dilestarikan, karena itu perlunya Babinsa harus berperan aktif mengingatkan warga masyarakat dalam setiap kesempatan bertemu dengan warga binaan, selalu menyampaikan pesan-pesan untuk menjaga situasi keamanan dengan baik,” pungkas Letkol Inf Yuliansa Fitra.

Pasola adalah permainan ketangkasan saling melempar lembing kayu dari atas kuda yang merupakan bagian dari upacara ritual Marapu. Pasola diselenggarakan oleh orang Sumba bagian barat untuk merayakan musim tanam padi. Pasola merupakan bentuk ritual untuk menghormati Marapu, mohon pengampunan, kemakmuran dan untuk hasil panen yang melimpah. Kabupaten Sumba Barat dilaksanakan setiap tahun di 3 tempat yaitu di Kecamatan Wanukaka, Kecamatan Lamboya dan Kecamatan Laboya Barat.(*)

error: Konten dilindungi!