Pj.Gubernur NTT Ayodhia G.L Kalake Paparkan Pembangunan NTT

KUPANG, RANAKANEWS.com – Pj. Gubernur NTT, Ayodhia G.L. Kalake, SH, MDC mamaparkan capaian Ekonomi dan Penurunan Kemiskinan Jelang HUT RI ke-79  yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2024 mendatang.

Pidato Pembangunan  Nusa Tenggara Timur ( NTT) ini di Aula ElTari  Kupang, Kamis 15 Agustus 2024.

Ayodhia Kalake, dalam pidato yang mengangkat Tema “Nusa Tenggara Timur dan Sejahtera Menyongsong Indonesia Emas 2044,”.

Dengan Sub Tema ” Nusa Tenggara Timur  Maju dan Sejahtera Menyongsong Indonesia Emas 2045.

Ayodhia memaparkan sejumlah capaian kunci di bidang ekonomi, kesehatan, dan pendidikan.

Sejak dilantik sebagai PJ Gubernur pada 5 September 2023, Ayodhia Kalake berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan yang telah dirintis oleh pemerintahan sebelumnya.

Salah satu pencapaian yang paling menonjol adalah pertumbuhan ekonomi NTT yang mencapai 5 persen.

“Kami terus berupaya menjaga kesinambungan pembangunan, dengan tetap berpegang pada aturan yang ada,” ujar Ayodhia.

Ayodhia juga mengatakan bahwa keberhasilan dalam pembangunan ekonomi dan pengentasan kemiskinan tidak lepas dari peran aktif seluruh lapisan masyarakat dan pemangku kepentingan.

“Segala kebijakan yang kami jalankan akan berhasil jika didukung oleh masyarakat,” tegas Ayodhia Kalake.

Menurut data terbaru, pertumbuhan ekonomi NTT mencapai 4,35 persen, menjadikan provinsi ini sebagai yang terbaik kedua di Indonesia dalam hal pengurangan kemiskinan.

Tingkat kemiskinan di NTT dilaporkan menurun sebesar 0,48 persen, sementara kemiskinan ekstrem turun menjadi 3,93 persen, dibandingkan dengan tahun 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Ayodhia mengajak seluruh masyarakat NTT untuk terus menjaga persatuan dan kerukunan sebagai modal utama dalam menyongsong masa depan yang lebih baik.

“Persatuan dan kerukunan adalah kunci untuk mencapai kesejahteraan bersama,” kata Ayodhia.

Di bidang kesehatan, PJ Gubernur menyoroti komitmen pemerintah provinsi dalam menurunkan angka kematian ibu dan anak, serta menangani berbagai penyakit endemik seperti Demam Berdarah Dengue (DBD).

Pemerintah Provinsi NTT, menurut Ayodhia, akan terus berupaya memperbaiki layanan kesehatan dan memastikan penurunan angka stunting melalui pemanfaatan sumber daya alam yang lebih optimal.

Selain itu, Ayodhia juga menekankan pentingnya peningkatan kualitas pendidikan sebagai langkah strategis untuk menyiapkan generasi muda NTT dalam menyongsong Indonesia Emas 2044.

Dengan berbagai capaian ini, Ayodhia optimis bahwa NTT berada di jalur yang benar menuju kemajuan dan kesejahteraan yang berkelanjutan.

“NTT siap menyongsong Indonesia Emas 2044 dengan semangat dan tekad untuk terus maju,” terang Ayodhia dalam pidatonya. (TD)

error: Konten dilindungi!
Exit mobile version