TP PKK Kota Kupang; Senam Sehat Lansia dan Pemeriksaan Kesehatan

Keterangan Foto: TP PKK Kota Kupang foto bersama para Lansia usai Senam Sehat Lansia dan Pemeriksaan Kesehatan Bagi Lansia di Aula Rujab Walikota Kupang, Selasa (8/10/2024). (Dok: TD/ranakanews.com)

KUPANG, RANAKANEWS.com – Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Kupang menggelar kegiatan Senam Sehat Lansia dan Pemeriksaan Kesehatan Lansia Tingkat Kota Kupang, di Aula Rumah Jabatan (Rujab) Walikota, Selasa (8/10/2024).

Kegiatan Senam Sehat Lansia ini dibuka oleh Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kupang, Ny Angela Lusi-Deran, S.Ak, dihadiri oleh Pj Ketua TP PKK Provinsi NTT, Ny Santi Ambarwati, SE. Hadir juga para tenaga kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Pasir Panjang dan Oesapa, para kader di tingkat kecamatan dan kelurahan se-Kota Kupang.

Pantauan www.ranakanews.com, kegiatan ini diawali dengan senam sehat para Lansia. Mereka tampak amat antusias mengukti senam dengan riang gembira. Usai senam, para lansia mendapat asupan gizi berupa makanan sehat berupa bubur yang disediakan panitia. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan, yang diawali dengan penjelasan soal gizi bagi para Lansia.

Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kupang, Ny Angela Lusi-Deran, S.Ak, mengatakan,
Saya bahagia sekali hari ini bisa berjumpa dengan opa oma, para Lansia dalam kegiatan ini.

“Saya juga minta agar kegiatan bagi para Lansia ini bisa dilakukan satu kali dalam setiap bulan di tingkat Kota Kupangpunya kepedulian tinggi terhadap para Lansia di kota ini. Saya berharap kita terus saling koordinasi sehingga kegiatan ini bisa dilanjutkan dengan baik di setiap kecamatan dan kelurahan,” ujar Ny Angela Lusi-Deran.

Ny Angela mengatakan agar program untuk para Lansia, terutama Senam Sehat dan Pemeriksaan Kesehatan bagi Lansia bisa dilakukan satu kali setiap bulan.Saya berharap kita terus saling koordinasi sehingga kegiatan ini bisa dilanjutkan dengan baik di setiap kecamatan dan kelurahan.

“Program kerja TP PKK Kota Kupang tahun 2024 salah satunya adalah senam sehat lansia dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi 102 lansia dari 51 Kelurahan di Kota Kupang. Gerakan ini menuntut PKK untuk menumbuhkembangkan sikap dan perilaku, kemandirian pribadi, keluarga dan masyarakat, agar tidak salah dalam menyikapi berbagai perubahan yang terjadi saat ini,” jelas Ny Angela.

Menurut Angela Deran, kegiatan senam sehat dan pemeriksaan kesehatan lansia ini bertujuan memberikan perhatian dan semangat kepada para lansia di Kota Kupang agar memiliki semangat hidup sehat dan produktif. Juga, menjaga pola hidup sehat dan bersih, melakukan olahraga ringan seperti senam secara teratur.

“Tantangan yang dihadapi antara lain perkembangan sumber daya manusia, pergeseran tata nilai, pemanfaatan sumber daya alam, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan tatanan internasional dan penanganan manajemen kesejahteraan keluarga yang dipengaruhi oleh berbagai faktor terkait. Untuk itu perlu adanya ketahanan keluarga dalam upaya mewujudkan keluarga sejahtera melalui pelaksanaan 10 Program Pokok PKK,” jelas Ny. Angela.

“Selain itu mengikuti kegiatan keagamaan, menghindari faktor-faktor resiko penyakit menular, mengatur pola makan yang seimbang, menghindari berat badan berlebih, mengelola stres dan melakukan pemeriksaaan kesehatan secara rutin agar para lansia dapat mandiri, ceria dan semangat dalam menjalani hidup sehari-hari,” terang Ny Angela.

Pada kesempatan itu ia menyampaikan terima kasih kepada Ibu Pj. Ketua TP. PKK Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berkenan hadir dan memberikan dukungan kepada para lansia di Kota Kupang dan kepada semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan acara ini, terutama dan kepada para Lansia. (TD)

error: Konten dilindungi!