HIMPS Goes To Campus

Keterangan Foto: Peserta foto bersama usai kegiatan sosialisasi Kesehatan Mental dan Konseling Gratis di Lantai 3 Ruangan Rektorat Undana, Kamis (10/10/2024). (Dok: TD/ranakanews.com).

KUPANG, RANAKANEWS.com – Himpunan Psikologi Indonesia Wilayah Nusa Tenggara Timur Goes To Campus.

“Dalam rangka memperingati hari Kesehatan Mental Sedunia yang setiap tahunnya jatuh pada tanggal 10 Oktober, kami pengurus dan anggota HIMPS NTT bekerjasama dengan Universitas Nusa Cendana (Undana) program Studi Psikologi mengadakan Sosialisasi Kesehatan Mental dan Konseling Gratis,” ungkap  Mozes Lazarus Touw, M.Psi usai acara Peresmian Layanan Psikologi Terpadu yang bertajuk “ Mewujudkan Kesehatan Mental untuk Seluruh Civitas Akademika Undana” di Lantai 3 Ruangan Rektorat Undana, Kamis (10/10/2024).

Hadir pemateri pada kegiatan ini, Psikolog Pendamping UPTD PPA Provinsi NTT dan UPTD  PPA Kota Kupang, Christiani Natasya Miru, M.Psi, Dosen Prodi Psikologi FKM dan juga Psikolog Pendamping Rumah Harapan GMIT, Zerlinda C.A Sanam, M.Psi.

Mozes Lazarus Touw, M.Psi

Lanjut Mozes mengatakan, “tujuan kita buat kegiatan, untuk menjawab kebutuhan – kebutuhan dari berbagai fenomena yang ada di lingkungan kampus, terkadang mahasiswa jadi stres berlebihan, terkadang mereka membutuhkan bantuan, tapi, mereka tidak tahu mau lari ke siapa untuk itu kami melaksanakan kegiatan ini supaya mahasiswa tau,” kata Mozes.

“Bagaimana masyarakat dan mahasiswa aware punya kesadaran pentingnya menjaga kesehatan mental, karena kalau kita lihat kan banyak sekali yang hanya penting sama fisik tapi tidak menyadari bahwa mental juga sangat berpengaruh terhadap fisik. Jadi kalau punya mental yang sehat otomatis dia pun bisa produktif di masyarakat,” papar Mozes.

Mozes menyebutkan, untuk pelayanan setiap hari kerja, Senin sampai Jumat di  Lantai 3 Gedung Rektorat Undana. Untuk mahasiswa tidak pungut biaya (Gratis).

Ferren Sarita Gardynia Durry

Sementara itu, Ferren Sarita Gardynia Durry mengatakan, pihaknya menyelenggarakan kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Mental Sedunia.

“Layanan Psikologi  Terpadu Undana ini dilayani langsung oleh psikologi profesional, “Mendengarkan dengan Empati, Melayani dengan Hati”,” jelas Mahasiswi Semester VII Prodi Psikologi Universitas Nusa Cendana ini.

Ferren menyebutkan, layanan yang tersedia; Konseling, Psikoterapi, Asesmen Psikologi, Pendidikan dan penelitian psikologi.

“Harapannya ya semoga  dilaunchingnya Layanan Psikologi Terpadu Undana memberikan manfaat bagi mahasiswa untuk mencegah terjadinya hal-hal yang negatif,” pungkas Ferren.

Turut hadir pada kegiatan ini  Rektor Undana, Prof, Dr.drh.Maxs U.E.Sanam, Dekan Fakultas Sains dan Teknik, Prof. Philiphi  de Rozari, S.Si.,M.Si., M.Sc., Ph.D, Mahasiswa Prodi Psikologi, dan mahasiswa keterwakilan dari setiap jurusan. (TD)

error: Konten dilindungi!