Direktur Dana dan Treasuri Bank NTT Tinjau Lokasi EBT di Desa Mataredi

WAIBAKUL, RANAKANEWS.com-  Direktur Dana dan Treasuri Bank NTT Yohanis Landu Praing didampingi Kepala Divisi Dana Aloysisus R.A Geong,Kepala Divisi Treasuri Zet Lamu,Pjs Pemimpin Bank NTT Cabang Anakalang Yusuf H.Mawolu,Pemimpi Bank NTT Cabang Waingapu Rauna Bela Umbu Eda,S.Sos memantauan EBT Desa Mataredi Kecamatan Katikutana, Kabupaten Sumba Tengah sebagai salah satu perusahaan penghasil EBT di Kabupaten Sumba Tengah selain EBT di Desa Lenang yang akan segera di proses. Energi memegang peranan penting bagi pembangunan suatu daerah Kamis,(16/06/2022).

PLTS off-grid terpusat dengan kapasitas 95 Kilo Watt Peak (KWP) di Desa Mata Redi yaitu, 60 Kilo Watt Peak (kWp) berlokasi di Dusun 1 Desa Mata Redi dan 35 Kilo Watt Peak (kWp) berlokasi di Dusun 4 Desa Mata Redi yang juga dapat melayani Desa Mata Woga.

Selain itu, menurut Direktur Dana dan Treasuri Bank NTT Yohanis Landu Praing, energi juga dapat mewujudkan keseimbangan tujuan pembangunan yang mencakup aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Lebih lanjut, energi juga sebagai pendorong utama berkembangnya sektor-sektor lain. Pemanasan global dan perubahan iklim saat ini menjadi perhatian bagi banyak negara. Oleh karena itu, penggunaan energi baru dan terbarukan (EBT) kini menjadi prioritas beberapa negara khususnya di Eropa.

Yohanis juga menyampaikan, selain ramah lingkungan, penggunaan EBT seperti solar panel, panas bumi, air, angin dan nuklir juga jauh lebih murah daripada pembangkit listrik bertenaga fosil.

Sesuai dengan namanya, energi yang baru dan terbarukan akan bisa selalu dipakai oleh manusia tanpa harus khawatir jumlahnya akan berkurang dengan cepat, energi terbarukan merupakan sebuah sumber energi alternatif yang dikenal atas keramahannya terhadap lingkungan karena tidak menghasilkan limbah dan emisi yang berbahaya bagi keberlangsungan makhluk hidup lainnya.

Energi yang terbarukan juga bisa didapatkan secara gratis seperti sumber daya matahari ataupun air yang mengalir secara terus menerus dan tidak diperlukan sebuah investasi dengan jumlah yang besar agar dapat mengolah sumber daya terbarukan tersebut agar bisa menjadi sebuah energi yang bisa Anda gunakan setiap harinya.

“Di sekitar kita terdapat banyak jenis sumber energi terbarukan yang bisa Anda manfaatkan dengan pengolahan yang sederhana. Energi yang terbarukan ini bisa membuat manusia menjadi punya pilihan terbaik untuk menopang hidupnya. Di bawah ini merupakan beberapa jenis energi yang terbarukan dan membutuhkan biaya yang minim agar bisa diolah menjadi energi yang bisa dipakai,” ungkap Yohanis Praing.

“PLTS off-grid terpusat dengan kapasitas 95 Kilo Watt Peak (KWP) di Desa Mata Redi yaitu, 60 Kilo Watt Peak (kWp) berlokasi di Dusun 1 Desa Mata Redi dan 35 Kilo Watt Peak (kWp) berlokasi di Dusun 4 Desa Mata Redi yang juga dapat melayani Desa Mata Woga,” sebut Yohanis. (YB/RN)

error: Konten dilindungi!
Exit mobile version