Dandim 1613/Sumba Barat Hadiri Pegelaran Budaya Sadar Bencana Di Sumba Tengah

WAIBAKUL,RANAKANEWS.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyuguhkan pentas kesenian lokal “Budaya Sadar Bencana’ yang menghibur sekaligus mengedukasi warga. Kali ini, kegiatan budaya sadar bencana di Lapangan Ratiwoya Kabupaten Sumba Tengah Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Jumat (01/09/2023).

Budaya Sadar Bencana merupakan kegiatan bagian dari prioritas nasional yang bertujuan tidak hanya untuk menghibur tetapi juga mengedukasi dan membangun kesadaran terhadap kebencanaan di tengah masyarakat. BSB dengan memadukan kekayaan budaya lokal.Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M berpesan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan warga Kabupaten Sumba Tengah dengan menyampaikan pesan akan ancaman bahaya yang ada di sekitar.

“Kita hidup di wilayah dengan sumber daya alam melimpah dan sekaligus memiliki potensi bencana alam,” ujarnya

Kepala BNPB berharap acara ini bisa memberikan masyarakat Sumba Tengah pengetahuan dan pemahaman sehingga kita semua sadar untuk mencegah atau memitigasi potensi bahaya yang ada di sekitar atau pun tempat tinggal kita.

Sementara itu, Bupati Sumba Tengah Drs. Paulus S.K. Limu menyampaikan terima kasih kepada BNPB telah hadir dan mengedukasi warganya memgenai kebencanaan. Bupati berharap kegiatan budaya sadar bencana dapat menberikan manfaat kepada masyarakat, tentunya dalam penanggulangan bencana.

“Melalui penyelenggaraan acara ini, masyarakat dapat mengetahui dan sadar untuk mengantisiapsi dan mencegah setiap ancaman bencana,”ujar Bupati.Hal senada disampaikan Dandim 1613/Sumba Barat Letkol Inf Yuliansa Fitra berharap acara budaya sadar bencana ini berdampak kepada masyarakat luas.Menurutnya, penyelenggaraan acara ini dapat menjadi media untuk penyadaran sehingga masyarakat dapat mencegah maupun menghindar dari ancaman bencana.

“Kepada semua para pemangku kepentingan untuk selalu waspada dan siap siaga dalam menghadapi bencana,”pungkasnya.

Turut hadir Kepala BNPB,Bupati Sumba Tengah,Dandim 1613/Sumba Barat Wakapolres Sumba Barat,Forkopimda Kabupaten Sumba Tengah, pejabat di lingkungan BNPB dan undangan dan masyarakat.(*)

error: Konten dilindungi!
Exit mobile version