Festival Terbaik Untuk Rakyat 2023 Exotic Teluk Kupang

Kadis Pariwisata Kota Kupang, Yosefina M.D.Getha,ST.,M.M

KUPANG, RANAKANEWS.com – Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Pariwisata Kota Kupang bekerjasama dengan event organizer merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-78 Tahun 2023 ditandai dengan menggelar Festival Terbaik Untuk Rakyat 2023 yang bertajuk “Exotic Teluk Kupang”.

Festival Terbaik Untuk Rakyat 2023 tersebut diisi dengan berbagai Lomba antaralain Perahu Hias, Lomba Fashion Show Anak,  Lokal Expo dan Live Musik serta Tarian Massal yang digelar di pantai Lasiana Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jumat (11/08/2023).

Lomba Perahu Hias start Pantai Namosain Kecamatan Alak, finish  pantai Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima. Kegiatan dibuka resmi oleh Penjabat Wali Kota Kupang, George M.Hadjoh, SH didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kota Kupang,Yosefina M.D.Getha, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Kupang, Ariantche M.Benu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Kupang, Ignasius R.Lega, Kepala BPBD Kota Kupang, Ernest Ludji.

Turut hadir Kapolres Kupang Kota Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto, perwakilan BI, perwakilan Korem 161/Wira Sakti Kupang, sejumlah pimpinan OPD lingkup Kota Kupang dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan Penjabat Wali Kota Kupang, George M.Hadjoh mengatakan, kegiatan ini harus dilaksanakan setiap tahunnya. Makin hari tiap tahun harus digelar dengan jauh lebih besar lagi, karena Teluk Kupang sebenarnya memiliki historis atau sejarah yang luar biasa.

“Teluk Kupang ini sejak dulu adalah sebagai pusat perdagangan dan tempat pusat perdagangan  perikanan. Sejak awal Teluk Kupang adalah sebagai pusat distribusi segala logistik ke seluruh daratan Timor, Rote, Sabu  dan Alor. Oleh karena itu, inilah upaya-upaya pemerintah kota untuk bagaimana meningkatkan potensi-potensi wisata, tapi sekaligus juga menggali potensi serta  memperbaiki sistem peningkatan potensi dan destinasi wisata di Kota Kupang dengan tetap mempertahankan nilai-nilai sejarah dan nilai-nilai budaya yang ada di Nusa Tenggara Timur, khususnya ada di kota Kupang,” ujar Penjabat George Hadjoh.

Lebih lanjut Pj George mengatakan, “Saat ini juga perlu saya informasikan bahwa sementara berlangsung event event budaya di semua Kelurahan sekaligus dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. Tentu ini akan membawa dampak positif.

Kita lihat bagaimana meriahnya dan inilah bukti kehadiran pemerintah untuk mendatangi rakyat dengan membawa hiburan dan atraksi-atraksi yang membuat rakyat bisa lebih bersemangat dalam bekerja maupun dalam mengatasi stres hidup.

Karena kita melihat ada beberapa kelurahan yang memang partisipasi masyarakat tinggi dan semua berlangsung dengan aman.

Partisipasi UMKM binaan mulai dari Bank Indonesia, Bank NTT dan seluruh bank perbankan sampai dengan pemerintah Dinas perindag Koperasi ini juga hadir tetapi memang kita perlu atur ekosistemnya supaya bisa lebih baik di waktu yang akan dating,” ujar Pj.George.

Menurutnya event seni dan budaya sudah on the treck hanya tinggal  ditingkatkan lagi ke kualitas maupun kuantitas dalam event event ke depan.

“Kita karena orientasi kita sementara dipersiapkan dengan RT RW-nya kita berharap seluruh kawasan di pesisir pantai akan menjadi kawasan pariwisata dan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru Kota Kupang,” pungkas Pj George.

Usai kata sambutan Penjabat Wali Kota dan Kapolres bersama Perwakilan BI, Bank NTT mengibarkan bersama-sama Bendera Merah Putih tanda dimulainya lomba Perahu Hias.

Penjabat Wali Kota dan beberapa pimpinan OPD mengikuti Perahu-Perahu Hias mengarungi pesisir laut Namosain menuju Pantai Lasiana sebagai garis finish lomba Perahu Hias.

Kadis Pariwisata Kota Kupang, Yosefina M.D.Getha,ST.,M.M

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kota Kupang, Yosefina M.D.Getha, ST.,M.M mengatakan bahwa tujuan Festival Terbaik Untuk Rakyat 2023 untuk mempromosikan Teluk Kupang sebagai potensi wisata yang ada di Kota Kupang menjadikan Kota Kupang sebagai daerah tujuan wisata.

Kenapa finish Pantai Lasiana, karena menurut Yosefina Getha yang akrab disapa Evi mengatakan mendukung Kelurahan Lasiana untuk mengikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2024 serta menjadikan Festival Terbaik Untuk Rakyat sebagai event tetap Kota Kupang.

Ia menyebutkan, peserta yang mengikuti lomba pada kegiatan tersebut,100 peserta.

Sebanyak 65 perahu lomba perahu hias. 100 anak usia sekolah lomba fashion show, para pelaku ekonomi kreatif, para pelaku seni dan budaya Kota Kupang waktu dan kegiatan dilaksanakan di destinasi wisata pantai nasional pada tanggal 11 sampai 13 Agustus 2023.

Terkait pendanan oleh DPA Dinas Pariwisata Kota Kupang dan para sponsor. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Ibu Pendeta dan ucapan terima kasih kepada sponsorship; 3 ID, Prodia, Point and Lounge, Sari Roti, Hotel Kristal dan PT. Cipta Laku Lestari, PT Wings yang turut mendukung dalam kegiatan ini,” ungkap Ketua WKRI NTT.

“Lomba Perahu Hias akan memilih 6 Perahu Hias Terbaik juara 1 hingga 6 dengan hadiah untuk Juara 1: 4.000.000,  Juara 2: 3 500.000,
Juara 3: 3.000.000, Juara 4: 2.500.000, Juara 5:  2 000.000 dan Juara 6: 1 500.000,” sebut Evi Seran istri anggota DPRD Kota Kupang.

Untuk diketahui, Latar belakang digelarnya Festival Terbaik Untuk Rakyat 2023 adalah sebagai event tetap yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Kupang yang bekerjasama dengan event organizer.

Kegiatan ini adalah sebagai upaya pengembangan pariwisata yang terus dilaksanakan dengan mempromosikan semua potensi wisata yang ada di Kota Kupang.

Kota Kupang memiliki banyak potensi dan untuk pengembangan sektor pariwisata yang salah satunya adalah Teluk kota Kupang yang sangat indah keindahan dan akan menjadi daya tarik bagi para wisatawan lokal maupun para wisatawan internasional yang berkunjung ke Kota Kupang.

Dan dalam upaya pengembangan pariwisata ini tujuan lainnya adalah  untuk mendukung Kelurahan Lasiana sebagai Desa Wisata Kota Kupang yang akan ikut dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2024.

Ini merupakan tantangan besar bagi Dinas Pariwisata Kota Kupang untuk memajukan pariwisata guna meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Diharapkan dengan dilaksanakan kegiatan ini dengan dalam rangka melaksanakan merayakan HUT Republik Indonesia ke 78 tahun, maka Dinas Pariwisata menyelenggarakan Festival Terbaik Untuk Rakyat dengan tema “Eksotik Teluk Kupang.”

Dalam Festival Terbaik Untuk Rakyat 2023 adalah Lomba Perahu Hias, Lomba Fashion Show Anak,  Lokal Expo dan Live Musik serta Tarian Massal.

Pelaku UMKM Tirosa, Liberti P. Rihi

Salah satu Pelaku UMKM Tenun Tirosa, Liberti P. Rihi mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemerintah Kota Kupang dalam hal ini Dinas Pariwisata Kota Kupang.

“Kami sebagai pelaku UMKM menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pariwisata Kota Kupang karena melibatkan kami dalam pameran ini. Harapannya semoga tidak saja tahun ini namun berkelanjutan.

Yang melibatkan dalam pameran ini ada sekitar 30 UMKM. Semoga kedepannya lebih bagus lagi lebih promosi lagi kalau ada kegiatan supaya banyak yang datang,”  ungkap pemilik UMKM Tirosa yang beralamat di Jalan Farmasi Liliba Kota Kupang.

Pelaku UMKM Nusa Lontar, Yakoba T.Dedo

Hal yang sama disampaikan Yakoba T.Dedo, pelaku UMKM Nusa Lontar, yang beralamat RT 24/RW 06 Kelurahan Lasiana mengaku senang dan bangga karena Dinas Pariwisata melibatkan dalam pameran ini.

“Kami sangat senang dan bahagia karena Dinas Pariwisata melibatkan kami para UMKM dalam pameran ini. Pameran selama 3 hari, berharap produk yang kami bawa laku terjual karena dari penjualan ini kami mau bayar uang sekolah anak-anak juga kebutuhan rumah tangga lainnya,” harap Koba.

“Terima kasih kepada Pemkot Kupang dalam hal ini Dinas Pariwisata Kota Kupang. Berharap semoga event seperti ini tidak sampai disini tetapi berlanjut,” tambah Koba. (TD)

error: Konten dilindungi!
Exit mobile version