Pj. Wali Kota Kupang Ajak Siswa Menjadi Agen Perubahan Demi Pendidikan yang Kuat dan Maju

KUPANG, RANAKANEWS.com – Penjabat Wali Kota Kupang, Linus Lusi, S.Pd., M.Pd., berkunjung ke UPTD SD Negeri Tuak Daun Merah pada Jumat (25/10/2024).

Dalam kunjungan ini, Linus didampingi oleh Lurah Tuak Daun Merah, Donatus N. Samon, S.Sos., dan Koordinator Pengawas Kota Kupang, Johnny Eduard Rihi.

Kehadirannya disambut hangat oleh Kepala UPTD SD Negeri TDM, Erlyn Susana, bersama Wakil Kepala Sekolah, para guru, dan siswa.

Pada kesempatan ini, Linus menyampaikan apresiasi kepada SD Negeri Tuak Daun Merah yang telah menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan baik.

Ia menegaskan pentingnya lingkungan yang bersih sebagai faktor utama menciptakan suasana belajar yang nyaman dan sehat bagi siswa.

Menurutnya, kebersihan lingkungan tak hanya berdampak pada kesehatan siswa tetapi juga berperan dalam membentuk karakter dan mental yang disiplin dan berbudaya hidup bersih.

Ia juga mendorong agar kegiatan bersih-bersih menjadi bagian dari rutinitas sekolah, menekankan peran guru, siswa, dan seluruh staf dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan indah setiap harinya.

“Sekolah sebagai pusat peradaban harus menjadi tempat yang tidak hanya mendidik siswa secara akademis, tetapi juga membentuk generasi yang peduli terhadap kebersihan lingkungan,” ujarnya.

PJ Wali Kota juga mengajak seluruh warga sekolah untuk lebih banyak mengonsumsi pangan lokal yang kaya gizi dan protein.

Mengingat Pemerintah Kota Kupang tengah berfokus pada penurunan angka stunting, Linus meminta siswa agar menyampaikan kepada orang tua mereka untuk memilih bahan makanan yang memiliki nilai gizi tinggi bagi konsumsi anak-anak.

Lebih lanjut, ia mengajak para siswa menjadi agen perubahan untuk mewujudkan pendidikan yang kuat dan maju.

“Pendidikan yang kuat dan maju memiliki efek luar biasa bagi sebuah kota atau daerah. Saya harap siswa-siswa di sini bisa menjadi agen perubahan. Jangan pernah berhenti meraih cita-cita. Kalian adalah penerus bangsa ini yang akan membawa perubahan dan membangun kota ini,” harapnya.

Setelah kunjungan ke SD Negeri Tuak Daun Merah, Linus melanjutkan dengan kunjungan kerja ke Kantor Lurah Tuak Daun Merah. Ia ingin melihat langsung aktivitas layanan publik sekaligus berdiskusi dengan para ASN dan PTT yang bertugas di kantor lurah. Kehadirannya disambut oleh Lurah Tuak Daun Merah, Donatus N. Samon, S.Sos., di mana ia mendengarkan berbagai permasalahan yang dihadapi di tingkat kelurahan.

Selain itu, Linus mengingatkan para ASN agar menjaga netralitas di tengah suasana politik yang sedang berlangsung.

Ia menegaskan bahwa sebagai ASN, mereka harus menjalankan birokrasi tanpa pengaruh politik dan tetap fokus melayani masyarakat.

“Siapapun nanti yang terpilih sebagai pemimpin, birokrasi harus tetap berjalan dengan baik,” ujarnya.

Mengakhiri kunjungan, Linus kembali mengingatkan bahwa ASN di lingkungan Pemerintah Kota Kupang harus netral dalam pilkada.

“ASN harus melayani masyarakat dengan baik dan tetap netral dalam pemilihan kepala daerah mendatang,” tegasnya. (TN/RN)

error: Konten dilindungi!